SMP Quranic Science Boarding School

Jl. Radinal Muchtar, Jagabaya Desa Rajadatu Kec. Cineam Kab. Tasikmalaya Jawa Barat 46198

"TERAKREDITASI A"

Hafizh, Cerdas & Mampu Memimpin

HIMPUNAN DALAM AL-QURAN

Senin, 07 Desember 2020 ~ Oleh Admin QSBS ~ Dilihat 377 Kali

Matematika biasa disebut sebagai ratu dari ilmu pengetahuan karena dari matemaika bisa lahir berbagai ilmu pengetahuan lainnya. Karena perbedaan elektron maka adanya berbagai unsur kimia, karena perbedaan massa dan kecepatan partikel maka bisa dipelajari dalam fisika, perubahan jumlah protein bisa dipelajari dalam kimia, dan seiring perubahan waktu berbagai peristiwa dipelajari dalam sejarah. Namun, sumber dari segala sumber ilmu pengetahuan letaknya ada dalam Al-Quran. Al-Quran merupakan sumber dari ilmu pengetahuan, dari Al-Quran banyak pedoman-pedoman tentang ilmu pengetahuan. Berdasarkan hal ini maka kurikulum di SMP Quranic Science Boarding School ini menerapkan Quranic Science Approach (QSA) , pendekatan science atau ilmu pengetahuan yang bersumber dari Al-Quran.

Perhatikan ayat Al-Quran berikut:

Dari ayat di atas, kita dapat pahami bahwa hewan itu terdiri dari berbagai kelompok-kelompok, mereka berhimpun sesuai dengan ciri-ciri tertentu. Ada kelompok hewan yang berjalan di atas perutnya atau bisa kita pahami sebagai hewan reptil. Ada yang berjalan dengan dua kaki biasa kita temui adalah unggas, dan hewan dengan empat kaki. Bahkan ada hewan yang berjalan dengan perut juga dengan empat kaki seperti buaya, komodo, dan lainnya.

Dalam matematika, kelompok tertentu yang bisa didefinisikan dan memiliki ciri atau batasan tertentu disebut dengan HIMPUNAN. Salah satu cara penyajian himpunan adalah dengan Diagram Venn. Dengan menggunakan QSA, pembelajaran dengan tujuan pembelajaran “Siswa dapat menyatakan himpunan dengan diagram venn”, siswa diberikan tugas untuk menyatakan himpunan yang terdapat dalam QS An-Nur ayat 45 dalam bentuk digram venn dengan sekreatif mungkin.

Berikut hasil karya peserta didik Akhwat Kelas 7 SMP Quranic Science Boarding School :

 

KOMENTARI TULISAN INI

  1. TULISAN TERKAIT