SMP Quranic Science Boarding School

Jl. Radinal Muchtar, Jagabaya Desa Rajadatu Kec. Cineam Kab. Tasikmalaya Jawa Barat 46198

"TERAKREDITASI A"

Hafizh, Cerdas & Mampu Memimpin

Sekolah Sambil Menghafal Alquran di SMA dan SMP Quranic Science Boarding School

Selasa, 19 Januari 2021 ~ Oleh Admin QSBS ~ Dilihat 499 Kali

SMA Quranic Science Boarding School ingin mencetak penghafal alquran yang mengusai ilmu pengetahuan dan iptek.

Cineam, Kab. Tasikmalaya – SMA dan SMP Quranic Science Boarding School merupakan sekolah boarding yang bercita-cita menjadi sekolah bertaraf global yang mencetak dan mengangkat anak-anak penghafal Alquran. Dalam mendidik siswa dan siswinya, SMA dan SMP Quranic Science Boarding School menggunakan perpaduan kurikulum Quranic Science Aproach dan kurikullum pemerintah sisdiknas yang mengombinasikan ilmu pengetahuan dengan alquran.

SMA dan SMP Quranic Science Boarding School ingin mencetak anak-anak penghafal Alquran yang menguasai ilmu pengetahuan umum dan teknologi (iptek). Oleh karena itu, sekolah ini memadukan sekolah umum dengan program menghafal Alquran.

Hal yang paling menarik kondisi psikologi anak-anak sangat diperhatikan agar tidak terbebani dengan berbagai kewajiban belajarnya. Hal itu direalisasikan dalam sebuah bentuk program khusus yakni daurah tahfidz dan diselenggarakan pada bulan yang disediakan khusus untuk menghafal alquran. Meskipun pada dasarnya mereka tetap menghafal setiap harinya, namun dengan disediakannya bulan khusus ini bertujuan untuk mengoptimalkan cita-cita sekekolah dalam tujuan mencetak para penghafal alquran hingga mencapai 30 juz.

Selain ada program Daurah Tahfidz untuk semua santri, di SMA dan SMP Quranic Science Boarding School juga terdapat sebuah program khusus yang bernama Daurah Tahfidz Akselerasi yang diikuti oleh santri-santri tertentu yang ingin mencapai 30 juz dalam waktu yang lebih singkat dari teman-teman yang lainnya.

Ilmu pengetahuan dan alquran adalah sebauh perpaduan yang luar biasa. Harapan dari SMA dan SMP adalah ingin membuat  anak-anak yang menghafal Alquran tanpa harus meninggalkan pelajaran umum lain untuk bisa fokus menghafal Alquran. Metode yang hanya memfokuskan anak untuk menghafal alquran saja memiliki kelemahan, karena ketika anak-anak penghafal Alquran terjun ke tengah masyarakat, mereka akan kaku karena kurangnya waktu dan proses melatih kemampuan interaksi serta sosial mereka.

Anak-anak penghafal Alquran seharusnya menjadi manusia yang selalu bisa memberikan solusi bagi permasalahan yang dihadapi masyarakat. Penghafal alquran tetap harus tahu bagaimana caranya berinteraksi dengan masyarakat, punya kemampuan sosial, menguasai ilmu pengetahuan umum dan menguasai teknologi

Alhamdulillah banyak dari beberapa siswa SMA dan SMP Quranic Science Boarding School yang telah mencapai hafalan 30 juz. Pada periode daurah tahfidz bulan ini Januari 2021 alhamdulillah telah diraih oleh siswa kelas sepuluh Santi Mulyadi dan kelas tujuh Hayfa Syerafina Hanan. Semoga dengan menghafal alquran bisa menjadi pengangkat derajat dan syafaat untuk kejayaan umat Islam.

 

KOMENTARI TULISAN INI

  1. TULISAN TERKAIT