SMP Quranic Science Boarding School

Jl. Radinal Muchtar, Jagabaya Desa Rajadatu Kec. Cineam Kab. Tasikmalaya Jawa Barat 46198

"TERAKREDITASI A"

Hafizh, Cerdas & Mampu Memimpin

DAUROH BAHASA ARAB & MATRIKULASI MATEMATIKA SEBAGAI AWAL ETOS BELAJAR SANTRI QSBS AL KAUTSAR 561

Kamis, 18 Agustus 2022 ~ Oleh Admin QSBS ~ Dilihat 368 Kali

Dauroh Bahasa Arab dan Matrikulasi Matematika merupakan program yang diselenggarakan oleh SMP-SMA Quranic Science Boarding School yayasan Al-Kautsar 561 Tasikmalaya yang biasa dilakukan menjelang tahun ajaran maupun semester baru. Mengawali tahun ajaran 2022/2023 kegiatan dauroh Bahasa Arab dan Matrikulasi Matematika ini kembali diselenggarakan dengan maksud sebagai pekan untuk belajar Bahasa Arab dan Matrikulasi Matematika.

Adapun Tema yang diangkat pada dauroh kali ini adalah

 

إِثْباتُ الشَّجاعةِ والمَحَبَّةِ لِتَرْقِيَّةِ اللغة العربيَّةِ  و الرِّياضِيَّاتِ نَحْوَ مَحْرَضَةِ الأَبْناءِ العَالَمِيَّةِ

"Merajut Cinta Bahasa Arab & Matematika dalam manifestasi generasi berdaya global"

dengan tema di atas, diharapkan santri dapat meningkatkan kecintaan nya terhadap  bahasa Arab, yg mana kita ketahui bahasa Arab merupakan bahasa Jannah/Surga menjadi ilmu akhrowi. Dan adapula matematika sebagai dasar untuk ilmu duniawi. Sehingga dapat mewujudkan santri berdaya global mensyiarkan ilmu ukhrowi (bahasa Arab) dan duniawi ( Matematika) di seluruh penjuru dunia, Aamiin ya Robbal alamiiin.

Kegiatan ini diikuti oleh 500 peserta di antaranya ikhwan dibagi menjadi 12 kelompok dan akhwat 10 kelompok,  seluruh kegiatan dauroh ini bertempat di gedung As Salam Lantai 1 sampai 4. Selama satu pekan berlangsung (01 Agustus - 05 Agustus 2022) Para santri diberi Target untuk Menguasai 50 Mufrodat/Kosakata, 10 Muhadasah yaumiyah / Percakapan Sehari-hari, 10 Mahfudzot/ Kata-kata Mutiara bahasa Arab, Qowaid Imla'/ Kaidah menulis berbahasa Arab, Nahwu & Shorof, Insya/Mengarang Cerita berbahasa Arab, Taqdimul Qishoh/Story' Telling.

Dengan memerhatikan kemampuan para santri, daurah ini tidak hanya dilakukan di kelas, akan tetapi dilakukan juga di asrama pada sore hingga malam hari seperti anak menyetorkan hafalan-hafalan Mufrodat/Kosakata Ke Musyrif/Musyrifahnya dengan tujuan tercipta nya bi''ah Lughoh/lingkungan berbahasa di sekitar pesantren, sebagaimana pesan dari Koordinator Bahasa Arab QSBS Al Kautsar 561, Ust. M. Chairul Umam, S.Pd  "Learning Language Without Practice is Nounsen"

Bahwasanya belajar Bahasa tanpa adanya praktik akan menjadi sia-sia.

Daurah Bahasa Arab dan Matrikulasi Matematika ini dibagi menjadi tiga sesi mulai dari pagi hingga siang hari dan kegiatan Matrikulasi matematika hanya diikuti oleh santri kelas tujuh dan santri kelas sepuluh, dengan rincian kegiatan kelas tujuh dan kelas sepuluh sebagai berikut: 1) sesi 1 pukul 07.00 – 08.50 (kegiatan Matrikulasi Matematika) sesi II pukul 09.00 – 11.00 (kegiatan pembelajaran dauroh bahasa arab) Sesi III pukul 11.10 – 12.00 (kegiatan pembelajaran dauroh bahasa arab). Adapun rincian kegiatan dauroh bahasa arab kelas delapan, sembilan, sebelas, dan dua belas sebagai berikut: 2) sesi I pukul 08.00 – 09.20 (kegiatan pembelajaran dauroh bahasa arab) sesi II pukul 09.50 – 11.30 (kegaitan pembelajaran dauroh bahasa arab) sesi III  pukul 13.00 – 12.00 (kegiatan santri menyetorkan hafalan mufrodat,muhadastah, dll. Ke asatidz/ah dan temannya)

 

 

 

Di hari terakhir ditutup dengan pengumpulan lembar setoran hafalan santri serta  pengumuman santriwan/santriwati terbaik selama dauroh bahasa arab, sebagai berikut.

IKHWAN

Muhammad Syabil Bahri (kelas 9)

Yahya Ad dihya (kelas 12)

Syafin Karim (kelas 7)

Muhammad Raihan (kelas 8)

Sidqi Daffa (kelas 7 )

  1. Falqi Bada’i (kelas 11)

Mushab Sayyaf Al Qassam (kelas 10)

Julynoya Enzo Bramantyo (kelas 11)

Isan Maulana (kelas 9)

Fathih Althaf (kelas 7)

Muhammad Helmi rif’at Qodri (kelas 8)

Gibran Ahmad Ramadhan (kelas 9)

Ridho Baa’dillah (kelas 8)

 

Akhwat

Sopia Zahratul (kelas 8)

Naura Kiereina Salsabila (kelas 9)

Alifah Ahnaf Ibtisamah (kelas 9)

Luqyana Syifa Syauqiyyah (kelas 10)

Callysta Al Azka Nadhira (kelas 7)

Keisha Rahma Putri (kelas 7)

Hanika Fitriani (kelas 12)

Fayza Chalisa Tsadinda (kelas 8)

Fadla Nilan (kelas 11)

KOMENTAR

Nida - Kamis, 25 Agustus 2022

Masha Allah seimbang dunia dan akhiratnya terus maju QSBS #sarana #prestasi #sekolah #sma #smp #lomba #online #smaquranterbaiktasikmalaya #smpquranterbaik #smascienceterbaiktasik #smpscienceterbaik #PesantrenJuara #Pesantrenterbaik #Pesantrenterbersih Pendaftaran SMP http://psb.smpqsbs.sch.id

KOMENTARI TULISAN INI

  1. TULISAN TERKAIT