SMP Quranic Science Boarding School

Jl. Radinal Muchtar, Jagabaya Desa Rajadatu Kec. Cineam Kab. Tasikmalaya Jawa Barat 46198

"TERAKREDITASI A"

Hafizh, Cerdas & Mampu Memimpin

Hari Guru Nasional 2022: “Serentak Berinovasi, Wujudkan Merdeka Belajar”

Senin, 28 Nopember 2022 ~ Oleh Admin QSBS ~ Dilihat 355 Kali


Cineam – SMP dan SMA QSBS kembali merayakan acara tahunan hari guru. Kegiatan ini dirayakan sehari setelah tanggal hari guru nasional itu sendiri diumumkan yakni tanggal 26 November. Kegiatan ini diadakan sebagai wadah dan ajang penghargaan seluruh guru SMP dan SMA QSBS atas kerja keras dalam mendidik dan memberikan yang terbaik bagi para siswanya.

Kegiatan ini dilaksanakan di Aula SMP-SMA QSBS Al-Kautsar 561. Peserta yang hadir adalah seluruh siswa-siswi dari SMP-SMA QSBS yang berjumlah ±480 dan seluruh guru serta petinggi Yayasan Al-Kautsar 561.

Hari guru tahun ini bertemakan “Serentak Berinovasi, Wujudkan Merdeka Belajar”. Berinovasi maksudnya seperti membuat media pembelajaran yang dapat membantu murid dalam belajar secara mandiri, kreatif, dan inovatif. Media pembelajaran tersebut dapat menjadi motivasi bagi murid untuk semangat belajar, sehingga akan berdampak pada peningkatan standar kompetensi yang dimiliki.

Hari perayaan tersebut bertujuan untuk mengapresiasi kinerja guru atas dedikasinya kepada para siswa dan orang tua/wali murid dalam memberikan proses pendidikan yang layak bagi semua. Selain itu juga sebagai bentuk pengenalan serta tanggung jawab dalam mengadakan kegiatan bagi seluruh panitia terutama pengurus OSIS dan Al-Aqsa.

Rangkaian kegiatan akan berfokus kepada penilaian guru yang sudah dilakukan oleh seluruh siswa melalui angket dan formulir secara online. Penilaian yang dilakukan terdapat beberapa kategori di antaranya seperti guru terdisiplin, multibakat, tertegas, terinovatif, terhumoris, tersabar, dan terteladan. Tidak hanya itu, terdapat juga beberapa penilaian yang dikhususkan kepada para wali kelas, musrif/musrifah, kepesantrenan, dan adanya guru pinilih yang dinilai oleh Yayasan.

Hari yang dinantikan guru-guru ini juga dimeriahkan dengan beberapa penampilan yang akan dilakukan oleh setiap perwakilan kelas SMP-SMA QSBS seperti berpuisi, Tarian Saman, Short Movie, dan penampilan lainnya.

Segala bentuk proses dan perencanaan kegiatan dilaksanakan sepenuhnya oleh anak-anak OSIS dimulai dari melakukan rapat bersama, survey untuk penilaian guru, dekorasi, serta menjadi pengatur acara dan pembawa acara. Dari kegiatan ini kami berharap anak-anak dapat belajar dan menerapkan ilmu yang didapat untuk agenda kegiatan selanjutnya.

“Semoga dengan adanya kegiatan ini dapat membuktikan bahwa kita sebagai Guru dan Siswa bersama-sama mampu untuk selalu belajar dan bekerjasama dalam kemajuan Pendidikan Indonesia. Dengan memberikan pembelajaran yang menarik dan mudah dipahami sehingga siswa menjadi aktif, cerdas, kreatif, dan inovatif dalam menghadapi tantangan yang sudah menunggu di masa depan” ujar Andi Muhamad Maulana, S.Pd. selaku Guru Bahasa Inggris sekaligus Pembina OSIS SMP QSBS.

KOMENTARI TULISAN INI

  1. TULISAN TERKAIT