SMP Quranic Science Boarding School

Jl. Radinal Muchtar, Jagabaya Desa Rajadatu Kec. Cineam Kab. Tasikmalaya Jawa Barat 46198

"TERAKREDITASI A"

Hafizh, Cerdas & Mampu Memimpin

Pelantikan Pramuka SMP dan SMA QSBS

Senin, 23 Januari 2023 ~ Oleh Admin QSBS ~ Dilihat 50 Kali

Kab. Tasikmalaya – SMP dan SMA QSBS kembali mengadakan acara Pelantikan Pramuka. Acara ini dilaksanakan selama dua hari satu malam, yakni pada hari Jumat dan Sabtu, tanggal 20-21 Januari 2022 di Area lingkungan sekolah QSBS dan bakti masyarakat di Dusun Ciragem. SMA sendiri melakukan kegiatan pramuka pada tingkat Penegak Bantara sedangkan SMP pada tingkat Penggalang Ramu dan Rakit.

Dilaksanakannya acara ini bertujuan untuk melantik anak-anak yang sudah menyelesaikan Syarat Kecakapan Umum sebagai seorang Pramuka Penegak tingkat Bantara.

Pelantikan Pramuka ini memiliki tema “Gali Potensi Diri dan Kuatkan Silaturahmi Menjadi Pramuka Islami yang Mandiri” dari tema tersebut diharapkan dengan mengikuti kegiatan pramuka, siswa siswi di SMP dan SMA QSBS memiliki jiwa korsa yang baik, menguatkan rasa empati terhadap temannya, serta memiliki karakter yang mandiri dan dapat memimpin diri sendiri maupun orang lain ke arah yang lebih baik.

Kegiatan pramuka ini dimeriahkan oleh pembina pramuka yang sudah mengikuti KML (Kursus Mahir Lanjutan) dimana kursus ini diadakan untuk melatih guru menjadi seorang Pembina pramuka. Selaras dengan tema acara Tsani Adiyati, S.Si. selaku pembina mengemukakan, “Diharapkan anak-anak dapat lebih mandiri dan memiliki jiwa kepemimpinan”.

Acara ini dihadiri oleh peserta sebanyak 98 orang, peserta dari SMP sebanyak 43 ikhwan, dan 50 akhwat dari kelas X dan XI, sedangkan untuk SMP sendiri diikuti oleh 133 ikhwan dan 97 akhwat dari kelas VII dan VIII.

Rangkaian kegiatannya sendiri terdiri dari lomba ketangkasan baris berbaris, sandi-sandi, belajar masak rimba, bakti masyarakat, menyelesaikan SKU, dan terakhir pelantikan pramuka penegak bantara. Untuk pelaksanaanya dimulai dengan pembukaan, dimana kegiatan ini dibuka oleh kepala sekolah SMP dan SMA QSBS. Setelah itu ada perlombaan, pengisian SKU, materi kepramukaan, masak rimba, bakti kepada masyarakat, terakhir pelantikan yang dilaksanakan oleh Ketua Kwaran Kecamatan Cineam.

 

KOMENTARI TULISAN INI

  1. TULISAN TERKAIT