SMP Quranic Science Boarding School

Jl. Radinal Muchtar, Jagabaya Desa Rajadatu Kec. Cineam Kab. Tasikmalaya Jawa Barat 46198

"TERAKREDITASI A"

Hafizh, Cerdas & Mampu Memimpin

Kenapa Para Siswa Harus Mendapatkan Muatan Kurikulum Leadership Skill?

Selasa, 06 Maret 2018 ~ Oleh Admin QSBS ~ Dilihat 600 Kali

SMP QSBS Al Kautsar 561
oleh : Runjai Wangsa Laksana
 
Sepanjang hidupnya manusia selalu belajar "menjadi orang". Ini adalah materi pelajaran seumur hidup yang tidak ada istilah kelulusan. Pembelajaran hidup manusia  utama yang harus menjadi titik perhatian kita  yaitu,  mampu melakukan hubungan baik dengan sesamanya sekaligus mampu beradaptasi dengan lingkungan, memelihara dan menjaga alam semesta. Manusia sempurna adalah manusia yang mampu menyelaraskan dirinya dalam alam semesta  dengan ketentuan Allah.
 
Manusia adalah utusan Allah dimuka bumi (khalifah fiil Ardh), ini wewenang yang diberikan Allah atas manusia. Untuk semua itu Allah memberikan perangkat potensi yang komplit bagi manusia yaitu berupa potensi jasmani, akal, rasa dan jiwa. Dengan perangkat lengkap tersebut seyogyanya manusia memiliki jiwa-jiwa kepemimpinan.
 
Kepemimpinan Rosulallah harus menjadi sandaran utama dalam mengimplementasi leadership skill dalam pembelajaran. Al Quran telah menyebutkan kepemimpinan Rosulallah yang patut dicontoh terangkum  dalam Surat Al Ahzab ayat 21 :*Sesungguh telah ada pada diri Rosulallah yang baik (contoh) bagimu (yaitu) bagi orang-orang yang mengharapkan (rakhmat) Allah dan kedatangan hari kiamat dan dia banyak menyebut Allah*. 
 
Ada empat karakter utama Rosulallah:
Jika coba uraikan keteladanan Rosulallah tersebut ada sekurang-kurangnya 7 aspek leadership yang merupakan komponen  kompetensi esensial, yaitu :
1. Memahami Diri
    Mengenal dan mengembangkan potensi 
    Memahami  Sang Maha Pencipta dan 
    Mengenali ciptaanNya.
2. Berkomunikasi
    Mampu berkomunikasi cara  baik; lisan, 
    tulisan,  isyarat dan bahasa tubuh. 
    Memyampaikan pesan dengan efektif 
    dan efisien 
3. Berinteraksi dengan yang lain
    Melakukan hubungan baik, harmonis, 
    saling berbagi, bersinergi dan    
    berkolaberasi dalam penyatuan tujuan
4. Pembelajar
    Berpikir kritis, kreatif dan inovatif,  
    prestatif , mampu mengevaluasi diri,
    Mengambil hikmah dari setiap kejadian
5. Pengambil Keputusan
    Melakukan tahapan pengambilan 
    keputusan, memahami dan dapat 
    mengukur risiko, problem solving
6. Mengelola
    Mampu menetapkan tujuan
    Melakukan Perencanaan, sosialisasi
    Bijak dalam penggunaan sumber daya
    Melaksanakan kegiatan dengan baik
    Mengevaluasi dan perbaikan.
7. Bekerja secara Berjamaah
    Mengambil peran, berpartisipasi.
    Memperdayakan diri dalam kelompok
    Mendukung kelompok dan bersinergi
    Menghormati keputusan bersama
 
Para pendidik dituntut untuk mampu mengintegrasikan aspek leadership tersebut kedalam setiap kompetensi dasar pada setiap materi pembelajaran untuk mencapai kecakapan sosial anak didiknya. 
Dalam pola pembelajaran di SMP QSBS Al Kautsar 561 telah  diterapkan muatan kurikulum Leadership Skill menjadi pelengkap atas kesempurnaan pencapaian hasil pendidikan berupa penguatan karakter
mulia. Ilmu dan kepemimpinan seperti dua sisi mata uang ...
 
Pada gilirannya nanti  akan dihasilkan (kelulusannya) anak didik muslim yang mampu menguasi ilmu pengetahuan dan memiliki jiwa-jiwa kepemimpinan. Disinilah Allah akan memberi penghormatan tertinggi (derajat disisi Allah)  kepada manusia yang berusaha untuk mencapai hal tersebut. Hal ini ditegaskan Allah dalam kedua  ayat di bawah ini yang memberi perhatian khusus  atas korelasi penguasaaan ilmu dan pemberian wewe kepemimpinan pada manusia.
 
*Dan Dialah yang menjadikan kamu penguasa-penguasa di muka bumi dan Dia meninggikan sebahagian kamu atas sebahagian (yang lain) beberapa derajat, untuk menguji tentang apa yang diberikanNya kepadamu. Sesungguhnya 
Tuhanmu  amat cepat siksaanNya dan sesungguhnya Dia Maha Pengampun lagi Maha Penyayang* (QS 6 :165)  
 
*...."Berdirilah kamu" maka berdirilah niscaya Allah meninggikan orang-orang beriman diantara kamu dan orang yang berilmu pengetahuan beberapa derajat. Dan Allah Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan* (QS 58 :11)
Tulisan Karya Buletin

KOMENTARI TULISAN INI

  1. TULISAN TERKAIT
...

Runjai Wangsa Laksana, Ir

Assalamualaikum Wr Wb, Puji Syukur kami panjatkan ke Hadirat Illahi Rabbi. Bahwa Website sekolah SMP Quranic Science Boarding School telah…

Selengkapnya