SMP Quranic Science Boarding School

Jl. Radinal Muchtar, Jagabaya Desa Rajadatu Kec. Cineam Kab. Tasikmalaya Jawa Barat 46198

"TERAKREDITASI A"

Hafizh, Cerdas & Mampu Memimpin

RISOS (Riset Sosial) SMP QSBS AL Kautsar 561

Selasa, 13 Nopember 2018 ~ Oleh Admin QSBS ~ Dilihat 250 Kali

Oleh : Wardatul Adawiah (Tim Guru IPS SMP QSBS Al-Kautsar 561)

Riset Sosial............... Indonesia merupakan salah satu negara maritim yang sangat luas dengan berbagai potensi sumber daya lautnya yang siap dimanfaatkan manusia. Seperti yang telah dijelaskan dalam Al-Qur’an tentang kehidupan masyarakat yang bergantung pada kondisi dan potensi laut untuk menopang kebutuhan dan kehidupan ekonomi sebagaimana yang dinyatakan dalam QS An Nahl ayat 14 yaitu: “Dan dialah Allah yang menundukan lautan (untukmu) agar kamu dapat memakan daipadanya daging yang segar (ikan) dan mengeluarkan dari lautan itu perhiasan yang kamu pakai dan kamu melihat bahtera yang berlayar padanya, dan supaya kamu mencari keuntungan dari karunia-Nya dan supaya kamu bersyukur.”

Demi memahami pemanfaatan sumberdaya dan potensi kelautan di Indonesia, SMP QSBS AlKautsar 561 mengadakan kegiatan riset sosial di masyarakat wilayah Pangandaran. Kegiatan penelitian ini dilakukan untuk memahami fenomena dan gejala sosial di masyarakat, terlebih di wilayah Pangandaran yang kini menjadi salah satu destinasi wisata laut dan pantai serta sumber pemasok berbagai hasil laut di Jawa Barat.

Meski kegiatan ini terbilang cukup singkat, dilaksanakan pada tanggal 25 Oktober 2018 akan tetapi telah memberikan kesan pembelajaran yang mendalam bagi siswa dan siswi SMP QSBS AlKautsar 561. Para siswa dilatih melakukan pendekatan kualitatif dalam menelusuri kehidupan neleyan yang bergantung pada kondisi laut, menganalisis pemberdayaan ekonomi (UKM dan Jasa kuliner), mengelaborasi pemanfaatan cagar alam, menelisik berbagai kisah para wisatawan dan masyarakat serta mengkaji secara ilmiah kegiatan LSM dan kebijakan para stakeholder di lingkungan dinas pariwisata dan kebersihan serta pendidikan wilayah pangandaran, Jawa Barat.

Diharapkan adanya kegiatan ini pembelajaran ilmu sosial yang telah dilakukan menjadi lebih bermakna (meaningful learning) bagi para siswa. Sehingga selama penelitian siswa dapat belajar mengkontruksi pemecahan masalah dan solusi praktis terhadap gejala dan masalah sosial yang ditemukannya di masyarakat. Sesuai dengan jargon SMP QSBS yaitu Hafidz, Cerdas dan Mampu Memimpin.

#pangandaran #risetsosial #smpqsbsalkautsar561 #hafidz #cerdas #mampumemimpin

KOMENTARI TULISAN INI

  1. TULISAN TERKAIT
...

Runjai Wangsa Laksana, Ir

Assalamualaikum Wr Wb, Puji Syukur kami panjatkan ke Hadirat Illahi Rabbi. Bahwa Website sekolah SMP Quranic Science Boarding School telah…

Selengkapnya