SMP Quranic Science Boarding School

Jl. Radinal Muchtar, Jagabaya Desa Rajadatu Kec. Cineam Kab. Tasikmalaya Jawa Barat 46198

"TERAKREDITASI A"

Hafizh, Cerdas & Mampu Memimpin

SMA QSBS Al Kautsar 561

Rabu, 07 Agustus 2019 ~ Oleh Admin QSBS ~ Dilihat 45 Kali

Kenapa Harus Memilih Bersekolah Lanjutan di  SMA QSBS Al Kautsar 561..?

Yayasan Al Kautsar 561 telah berhasil mengantarkan pendidikan menjelang 3 (tiga)  tahun terakhir di tingkat SMP dengan berbagai prestasi gemilang baik  dibidang  akademik maupun non akademik. Sekolah yang telah meraih predikat Unggul (Terakreditasi A) telah mensejajarkan diri dengan  Sekolah Boarding Unggulan di Wilayah Jawa Barat. Kurikulum terintegrasi Alquran dan Sains (Quranic_Science)  telah memberi terobosan baru bagi pengayaan pembelajaran muatan kurikulum diknas. Ditambah muatan leadership skill telah mampu menumbuhkan sikap kemandiran dan  kepemimpinan untuk menopang dalam membentuk pribadi yang berakhlak mulia.

Untuk mengantisipasi keberlanjutan pola pendidikan pembelajaran 6 tahun (SMP dan SMA) kini Yayasan Al Kautsar 561 sedang mempersiapkan diri untuk membuka sekolah tingkat SMA pada tahun ajaran 2020/2021. Atas anugerah Allah kini Yayasan Al Kautsar 561 telah memiliki belasan hektar tanah wakaf di kecamatan Cineam Tasikmalaya untuk pengembangan gedung, mesjid serta fasilitas sarana prasarana dalam mewujudkan pondok sekolah dan  pesantren modern yang berunggulan.
 
Program unggulan yang menjadi titik pokok kurikulum SMA QSBS Al Kautsar 561 selain menuntaskan program hafalan Alquran 30 juz para siswa akan dibekali keterampilan teknologi informasi dalam mengantisipasi era milenial terjadi Revolusi Industri 4.0 dengan hadirnya teknologi artificial intellegence, big data, robotic, internet of think dan lainnya. Untuk menopang hal itu maka program ekstrakuler TIK yang hendak dikembangkan : (1) Pemograman Web, (2) Pemograman Android, (3) Grafis dan Multimedia dan (4) Robotik yang dipilih siswa sesuai minat dan bakatnya.

Di tingkat SMA karakter yang dibangun dengan optimalisasi setiap potensi yang dimilikinya baik akademik dan kecakapan milenia abad 21 (foundational Literacies, Critical Thinking, problem solving, communication and Leadership skills). Goal akhirnya dari kelulusan  SMA adalah mereka akan masuk pada  jenjang perguruan tinggi favorit. Diharapkan  baik siswa yang memilih jurusan keagamaan maupun bidang umum lainnya akan mampu kuliah dengan lancar dan berprestasi karena telah dibekali ilmu-ilmu _hardskills serta  softskill. Terlebih dari itu mereka telah dibekali fondasi aqidah, ibadah dan akhkak serta kecakapan Alquran karena bagian yang terintegrasi dalam sistem pembelajaran sekolah dan  kepesantrenan yang dikembangkan dalam sistem pendidikan di Yayasan Al Kautsar 561.

Kedepan setelah dewasa nanti mereka akan meraih profesi yang klik dengan perkembangan zaman serta berdedikasi untuk mampu berdakwah dengan bakat dan kompetensi unggul pada bidangnya masing-masing dan menjadi pribadi-pribadi sebagai generasi Rabbani.
Ada 9 (sembilan) indikator dalam menggapai generasi Rabbaniyah:

  1. Memiliki potensi intelektual yang matang;
  2. Memiliki ketajaman spiritual agar menjadi hamba yang selalu taat kepadaNya;
  3. Optimis dan penuh percaya diri dalam menghadapi kehidupan;
  4. Memiliki kesimbangan jasmani rohani, kesehatan yang prima dan selalu melakukan amalan syar'i;
  5. Memiliki kemanfaatan bagi yang lain (rahmatan lila'lamin);
  6. Selalu proaktif dalam dakwah, serta pionir dan pelopor dalam transformasi sosial;
  7. Memiliki jiwa kepemimpinan, mandiri dan selalu bertanggung jawab;
  8. Kepribadian yang kokoh dan memiliki nilai diri serta berketerampilan unggul;
  9. Insan yang selalu membersihkan diri;

" (yaitu) di hari harta dan anak-anak laki-laku tidak berguna, kecuali orang-orang yang menghadap Allah dengan hati yang bersih"

(QS AsySyura : 88-89)

 

Alasan pokok itu semua karena kami jajaran Pengurus Yarasan Al Kautsar 561 punya komitmen,  harapan serta Visi yang jauh dalam turut serta membangun peradaban dimasa yang datang sehingga tercipta generasi yang Allah ridho terhadap mereka, merekapun ridho kepadaNya (QS Al-Bayyinah : 7-8).

Semoga Allah memberi kemudahan dan kekuatan kepada kita semua untuk meraihnya....Aamiin YRA.

Nasrun minnallah wafathun qorib.
 
Tim Litbang Yayasan Al Kautsar 561

 

KOMENTARI TULISAN INI

  1. TULISAN TERKAIT
...

Runjai Wangsa Laksana, Ir

Assalamualaikum Wr Wb, Puji Syukur kami panjatkan ke Hadirat Illahi Rabbi. Bahwa Website sekolah SMP Quranic Science Boarding School telah…

Selengkapnya