SMP Quranic Science Boarding School

Jl. Radinal Muchtar, Jagabaya Desa Rajadatu Kec. Cineam Kab. Tasikmalaya Jawa Barat 46198

"TERAKREDITASI A"

Hafizh, Cerdas & Mampu Memimpin

HARI GURU NASIONAL – MOMEN TAHUNAN UNTUK MENUMBUHKAN MOTIVASI GURU DI SMP QSBS AL-KAUTSAR 561

Kamis, 07 Desember 2023 ~ Oleh Admin QSBS ~ Dilihat 174 Kali

Cineam – SMP Quranic Science Boarding School mengadakan kegiatan Peringatan Hari Guru Nasional (Teacher’s Day) yang diselenggarakan pada hari Sabtu, 25 November 2023 di Aula Gedung Al-Quddus lantai 3 QSBS Al Kautsar 561.

Kegiatan ini meliputi penampilan karya dari setiap Angkatan, baik itu tayangan video ataupun penampilan langsung di panggung Teacher’s Day, selain ada persembahan dari siswa-siswi SMP, beberapa guru serta musyrif/musyrifah juga mendapatkan penghargaan sesuai kategori yang didapat melalui penilaian dari siswa-siswi dan juga penilaian dari lembaga.

Kegiatan ini mengusung tema “The Best Teacher for The Best Inspiration” yang memiliki makna Guru yang baik bukan hanya guru yang mampu mendidik dari segi materi/pelajaran, tapi bisa menginspirasi murid-muridnya melalui berbagai hal misalnya sikap, kebiasaan, pencapaian, cara berinteraksi dengan orang lain dan sebagainya.

Kegiatan Hari Guru ini dibuka langsung oleh ketua Yayasan Al Kautsar 561, Ibu Hj. Dra. Tati Susilawati, M.T dan di hadiri oleh perwakilan komite SMP dan SMA QSBS Al-Kautsar 561. Kegiatan ini merupakan momen tahunan yang rutin diselenggarakan hampir di seluruh unit Pendidikan, karena kegiatan semacam ini sebagai momen untuk merayakan peran dan profesi guru di tanah air.

Selain untuk merayakan peran dan profesi guru, ada hal yang cukup unik dalam perayaan hari guru di QSBS yaitu penentuan kategori guru berdasarkan pilihan atau penilaian anak-anak, seperti misalnya guru tersabar, terdisiplin, tertegas, teramah, dan lain-lain. Bahkan ada juga penilaian dari lembaga yang didasarkan pada evaluasi mengajar/supervisi, evaluasi peserta didik, dan evaluasi kinerja dari atasan. Dengan adanya momen seperti ini tentu menjadi daya dukung untuk menumbuhkan motivasi para guru benar-benar memaksimalkan perannya sebagai seorang guru. Guru yang tidak hanya mampu mengajarkan ilmu tertulis, tapi juga ilmu sikap dan ilmu kehidupan yang sejatinya dipraktikkan penuh dalam keseharian, seperti halnya sabar, disiplin, tegas, ramah dan sebagainya.

Dalam perayaan hari guru ini juga sangat terlihat antusiasme anak-anak dan kepedulian mereka dalam mencurahkan rasa sayangnya entah itu kepada wali kelas, guru “favorit” atau bahkan ustaz/ustazah yang membersamai mereka di lingkungan keasramaan/pondok.

Meskipun ada beberapa momen yang sifatnya insidental dan belum termasuk dalam rangkaian acara, Alhamdulillah acaranya masih berjalan dengan baik dan lancar.

MasyaAllah alhamdulillah sangat senang sekali perayaan hari guru tahun 2023 dapat berjalan dengan baik, meskipun ada beberapa kendala. Terima kasih juga kepada seluruh teman-teman panitia guru dan AL-AQSA yang sudah sangat bekerja keras membantu mempersiapkan acara ini, dari awal perencanaan sampai eksekusinya. Juga kepada komite SMP-SMA QSBS, masyaAllah, ini yang paling mengejutkan karena kalau tidak salah baru di tahun ini kami panitia mendapatkan dukungan dan kerja sama dari pihak komite sekolah, saya ucapkan terima kasih banyak. Semoga semua bentuk dukungan dari berbagai pihak – panitia guru, AL-AQSA, yayasan dan juga komite – bisa bernilai manfaat sehingga bisa memacu semangat para guru dan musyrif/musyrifah di Al-Kautsar 561 untuk lebih tekun, lebih ikhlas, lebih mencintai perannya agar bisa mendidik dan membimbing anak-anak dengan baik.,” ujar Bu Khotimah Sri Wulandari, S.Sos selaku Guru BK sekaligus Ketua Pelaksana Hari Guru Nasional 2023.

 

 

Berikut daftar pemenang Hari Guru Nasional 2023 :

  kategori siswa

 

 kategori lembaga

KOMENTARI TULISAN INI

  1. TULISAN TERKAIT